Print



Perpustakaan Baristand Industri Surabaya berlokasi di Jl. Jagir Wonokromo 360 Surabaya. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan khusus karena berada di bawah lingkungan Kementerian Perindustrian, sehingga koleksi bahan pustakanyapun mencakup hal-hal yang berkaitan dengan industri.

Perpustakaan Baristand Industri Surabaya merupakan perpustakaan yang didirikan untuk mendukung visi dan misi lembaga, berfungsi sebagai pusat informasi khusus terutama yang berhubungan dengan penelitian dan pengembangan industri. Perpustakaan Baristand Industri Surabaya juga mempunyai karakteristik khusus apabila dilihat dari fungsi, subjek yang ditangani, koleksi yang dikelola dan pemakai yang dilayani. Perpustakaan Baristand Indutri Surabaya merupakan perpustakaan tertutup karena para pengunjung (pemustaka) tidak boleh mengambil sendiri buku yang ada di rak buku atau lemari buku akan tetapi harus melalui petugas yang bertanggung jawab di perpustakaan tersebut. Selain itu koleksi yang ada tidak dapat dipinjam untuk dibawa pulang tetapi hanya boleh dibaca ditempat atau di copy untuk kepentingan pendidikan atau penelitian.

Adapun jumlah koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Baristand Industri Surabaya adalah sebagai berikut :

1. Buku / Literatur Bahasa Inggris                = 745    judul

2. Buku / Literatur Bahasa Indonesia          = 752    judul

3. IEC / ISO                                                         = 58      judul

4. SNI                                                                   = 1405  judul

5. Laporan Penelitian                                      = 2519  judul

Jumlah                                                           = 5479 judul

LibraNet merupakan aplikasi komputer yang dirancang untuk mempermudah kegiatan pengelolaan administrasi perpustakaan, seperti pencatatan buku, pendaftaran anggota, pencatatan sirkulasi/peminjaman buku, pencarian judul buku, dll. Koleksi buku yang terdapat di dalam database perpustakaan bisa langsung diakses dari komputer yang terhubung dengan jaringan komputer Baristand Industri Surabaya yang terhubung ke internet. Dengan demikian, pengunjung bisa mengecek terlebih dahulu apakah buku yang hendak dicarinya ada di perpustakaan. Lebih dari itu, ia pun bisa mengetahui apakah buku tersebut sedang dipinjam atau tidak. LibraNet Baristand Industri Surabaya terhubung dengan aplikasi LibraNet di Kementrian Perindustrian dengan alamat akses : http://lib.kemenperin.go.id/brs-sby/

| + - | RTL - LTR