Proses Sertifikasi LSSM

Permohonan Sertifikasi : Permohonan harus ditandatangani oleh manajemen puncak organisasi dan didukung oleh: 
a)Legalitas hukum organisasi 
b)Persyaratan perijinan (SIUP, IUI/TDI/Ijin Prinsip,  SIPA (untuk industri AMDK), Patent Merek, TDP, NPWP, persyaratan lain yang dimiliki).
c)Persyaratan teknis (kapasitas izin, flow of process, jenis produk, identitas pemasok bahan baku).
d)Panduan Mutu (mutakhir)
e)Prosedur Operasi (mutakhir)
f)Daftar Induk Seluruh Dokumen / Daftar Acuan Silang*)
g)Surat Penunjukan Manajemen Representatif/ Wakil Manajemen
h)Bukti implementasi sistem mutu minimal 3 (tiga) bulan yaitu rekaman Audit Mutu Internal & Tinjauan Manajemen (terakhir)

Tinjauan Permohonan : LSSM Surabaya mengkaji kemampuannya untuk memberikan permohonan sertifikasi sistem mutu organisasi dengan mempertimbangkan sebagai berikut:
(a) Lokasi ;
(b) Lingkup dan kompleksitas;
(c) Ketersediaan auditor dan/atau tenaga ahli;
(d) Waktu untuk melaksanakan audit  awal.

Apakah Permohonan Sesuai:Bila hasil kajian terhadap dokumen dan rekaman tidak mencukupi, LSSM Surabaya akan menginformasikan kepada organisasi untuk melengkapi dokumen/rekaman yang diperlukan.

Kontrak Kerjasama Apabila kajian telah lengkap maka LSSM Surabaya akan meminta organisasi untuk menandatangai Perjanjian Kerjasama Antara LSSM Surabaya Dan Organisasi.

Audit Kecukupan : LSSM Surabaya menunjuk tim audit secara resmi untuk melaksanakan Audit Kecukupan (Tahap 1) dan Audit Kesesuaian (Tahap 2) atas nama LSSM Surabaya dengan menggunakan kriteria kemampuan auditor terhadap ruang lingkup organisasi pemohon. Jika diperlukan, tenaga ahli diikutsertakan dalam tim audit sebagai pemberi masukan yang bersifat teknis. Pada penunjukkan tim audit, LSSM Surabaya memastikan bahwa anggota tim memiliki kompetensi yang sesuai dan bebas dari setiap potensial konflik kepentingan dengan organisasi dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir.

Surveilen : LSSM Surabaya melaksanakan survailen setiap 1 (satu) tahun sekali atau sekurang-kurangnya 2 (dua) kali dalam 1 (satu) periode sertifikasi. Surveilen pertama dilakukan 12 bulan sejak pertemuan penutupan.

Sertifikasi Ulang: LSSM Surabaya akan melaksanakan sertifikasi ulang terhadap organisasi bila periode sertifikasi berakhir. Dalam hal sertifikasi ulang, organisasi harus mengajukan permohonan tertulis kepada LSSM Surabaya terkait pelaksanaan sertifikasi ulang selambat-lambatnya 6 (enam) bulan sebelum berakhirnya masa berlaku sertifikat. Pelaksanaan Audit Kesesuaian (Tahap 2)/verifikasi sertifikasi ulang dilakukan selambat-lambatnya 2 (dua) bulan sebelum berakhirnya masa berlaku Sertifikat.

Link Terkait

Kalender

 «  < Jun 2019 >   »
SuMTWThFS
18

Video

Hambatan Industri dalam Menerapkan SNI ISO 9001?

Skala Industri Masih Menengah Ke Bawah - 30%
Kompetensi dan Kemauan SDM dalam Menerapkan Sistem - 40%
Kurangnya Komitmen Manajemen Puncak - 30%

Total votes: 10
The poll has expired
Refresh results
| + - | RTL - LTR